Tak Hanya Diabetes, Gula Darah Tinggi Juga Bisa Memicu Bahaya Ini

Tak Hanya Diabetes, Gula Darah Tinggi juga Bisa Memicu Bahaya IniMeskipun pada dasarnya kadar gula darah tinggi di dalam tubuh memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan penyakit diabetes. Namun, kondisi yang satu ini ternyata juga menyebabkan beberapa gangguan kesehatan lain.

Tentu saja, hal itu terjadi akibat darah ada diseluruh sel disetiap penjuru tubuh. Jadi, ketika gula darah meningkat, maka tentu saja fungsi tubuh lain juga akan ikut terganggu.

Tak Hanya Diabetes, Gula Darah Tinggi juga Bisa Memicu Bahaya Ini

Tak Hanya Diabetes, Gula Darah Tinggi juga Bisa Memicu Bahaya Ini

  1. Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Selain diabetes, resiko lain juga dapat terjadi akibat kadar gula darah tinggi di dalam tubuh ialah penyakit jantung.

Pasalnya, gula berlebih di dalam tubuh dapat menyebabkan obesitas, peradangan dan hipertensi, yang terkait dengan resiko penyakit jantung.

Sebuah hasil studi yang melibatkan 30 ribu relawan, menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi 17-21% kalori dari gula tambahan mengalami peningkatan resiko penyakit jantung bahkan hingga 38%.

  1. Penuaan Dini

Siapa sangka, ternyata kelebihan gula darah di dalam tubuh juga dapat mengakibatkan kulit menjadi cepat tua loh. Pasalnya, gula dapat melekat pada protein darah dan menciptakan molekul bernama advanced glycation end products (AGEs).

Nah, molekul tersebut lah yang menjadi alasan kenapa kolagen rusak dan elastisitas kulit mulai berkurang. Sehingga kulit akan tampak lebih kusam dan timbullah kerutan.

  1. Merusak Gigi

Bukan rahasia lagi, namun gula pada makanan memang dapat memicu kerusakan pada gigi. Pasalnya, bakteri yang ada pada area mulut akan merubah gula pada makanan menjadi zat asam.

Alhasil, ketika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, maka akibatnya buruknya adalah zat asam tersebut dapat menyebabkan lapisan enamel gigi menjadi rusak dan bakteri dapat dengan mudah masuk pada lapisan gigi terdalam (dentin).

  1. Penurunan Kognitif

Salah satu hasil studi yang di terbitkan dalam jurnal Diabetologia mencatat bahwa hubungan antara tingginya kadar gula darah memiliki keterkaitan dengan penurunan fungsi kognitif.

Studi tersebut melibatkan 5 ribu relawan selama 10 tahun. Hasilnya menunjukan bahwa orang dengan kadar gula darah tinggi terbukti lebih cepat mengalami penurunan kognitif dibanding dengan orang normal lainnya.

  1. Penyakit Ginjal

Kadar gula darah tinggi didalam tubuh, mengharuskan ginjal untuk bekerja lebih kerang dalam mengontrol cairan serta mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, gula darah tinggi dapat menyebabkan fungsi ginjal menjadi rusak dan memicu peningkatan resiko penyakit ginjal.

  1. Impotensi

Tanpa disangka, ternyata gula memiliki hubungan dengan aktivitas seksual. Sehingga, para pria lebih direkomendasikan untuk meminimalisir pengonsumsian makanan atau minuman manis.

Pasalnya, saat kadar gula darah tinggi akan mempengaruhi sirkulasi darah di dalam tubuh. Sementara itu, sirkulasi darah sehat harus bekerja secara ekstra ketika seorang pria ereksi. Maka dari itulah pria dengan gula darah tinggi sangat beresiko terkena impotensi.

  1. Tingkatkan Depresi

Kadar gula darah tinggi ternyata dapat mempengaruhi mood semakin buruk, lebih cepat marah, memiliki siklus tidur yang tidak teratur dan meningkatkan resiko peradangan.

Posted by : situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp