Komplikasi Berbahaya Akibat Psoriasis

Komplikasi Berbahaya Akibat Psoriasis – Bagi penderita keluhan yang satu ini, tentunya sudah tidak asing dong dengan tampilan dari psoriasis.

Secara definisi, psoriasis merupakan kondisi autoimun kronis yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit dalam waktu singkat. Penumpukan ini dapat mengakibatkan pengerakan di permukaan kulit.

Komplikasi Berbahaya Akibat Psoriasis

Komplikasi Berbahaya Akibat Psoriasis

Penyebab pasti dari kondisi ini masih belum dimengerti sebelumnya. Namun diduga ada kaitannya antara masalah sistem imun dengan sel T dan sel darah putih lainnya yang disebut dengan neutrofil dalam tubuh.

Normalnya, sel T berjalan ke seluruh tubuh untuk mempertahankan kondisi tubuh dengan cara melawan zat asing seperti virus dan bakteri.

Tetapi jika Anda memiliki psoriasis, maka sel T tersebut akan menyerang sel kulit sehat secara tidak sengaja, seolah-olah mereka sedang melawan infeksi. Sel T yang overactive juga dapat memperparah peningkatan produksi sel kulit sehat.

Lantas Apa Saja Komplikasi yang Ditimbulkannya?

  • Artritis Psoriatik, komplikasi psoriasis ini dapat menyebabkan kerusakan dan menurunnya fungsi persendian, yang mana dapat melemahkan kinerjanya.
  • Kondisi Mata, penyakit mata tertentu seperti konjungtivitis, blefaritis dan uveitis adalah kondisi yang lebih umum pada orang-orang dengan psoriasis.
  • Obesitas, Orang-orang dengan psoriasis, terutama mereka dengan penyakit yang lebih parah, lebih cenderung memicu obesitas. Hal ini masih tidak jelas bagaimana penyakit ini berkaitan satu sama lain.
    Peradangan yang berkatian dengan obesitas mungkin memainkan peran dalam pengembangan psoriasis. Atau bisa saja orang dengan psoriasis lebih memungkinkan menaikan berat badan, dikarenakan mereka menjadi kurang aktif secara fisik.
  • Diabetes Tipe 2, resiko diabetes tipe 2 meningkat pada orang-orang dengan psoriasis. Semakin parah psoriasis, semakin besar pula kemungkinan diabetes tipe 2.
  • Tekanan Darah Tinggi, peluang memiliki tekanan darah tinggi lebih besar pada orang-orang dengan psoriasis.
  • Penyakit Kardiovaskular, untuk orang-orang dengan psoriasis, resiko penyakit kardiovaskular 2 kali lebih tinggi dari pada mereka yang tidak memiliki penyakit tersebut.
    Psoriasis dan beberapa pengobatan juga dapat meningaktkan risiko detak jantung yang tidak beraturan, stroke, kolesterol tinggi dan artherosclerosis.
  • Sindrom Metabolik, merupakan kondisi gabungan antara tekanan darah tinggi, kadar insulin yang tinggi dan kolesterol yang abnormal sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Penyakit Autoimun Lainnya, penyakit celiac, sclerosis dan penyakit radang usus yang disebut dengan penyakit Crohn lebih memungkinkan menyerang orang-orang dengan psoriasis.
  • Penyakit Parkinson, kondisi neurologis kronis ini lebih memungkinkan terjadi para orang-orang dengan psoriasis.
  • Penyakit Ginjal, psoriasis sedang hingga parah telah dikaitkan dengan risko penyakit ginjal yang lebih tinggi.
  • Masalah Emosional, psoriasis juga dapat menyerang kualitas hidup. Psoriasis sering sekali membuat orang menjadi tidak percaya diri, sehingga kebanyakan penderitanya sering menarik diri secara sosial.

Itulah beberapa komplikasi yang dapat ditimbulkan psoriasis. Meskipun sebagian orang menaggapnya sebagai gatal kulit biasa, namun jika tidak ditangani dengan tepat dapat membuat kondisinya semakin parah.

Source : Mayo Clinic

Posted by : situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp