Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi – Kista adalaah struktur abnormal yang menyerupai kantung dan dapat tumbuh dibagian tubuh mana saja. Kista biasanya mengandung zat gas, cairan atau semi padat dan memiliki dinding luar yang berbentuk kapsul.

Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Bentuk kista ini bisa berukuran kecil dan hanya dapat dilihat di bawah mikroskop. Atau kondisi tersebut dapat tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan menggantikan struktur normal tubuh.

Ada Berapa Macam Kista yang Dapat Muncul pada Tubuh?

Kista umumnya terjadi di berbagai jaringan dan organ dan sering kali dinamai sesuai dengan lokasi anatomi tertentu.  Jenis-jenis kista tertentu juga memiliki sebutan khusus dan nomenklatur. Beberapa jenis kista yang dimaksud, diantaranya:

  • Kista Ganglion, adalah kista yang tumbuh disekitar tendon dan umumnya terjadi di pergelangan tangan.
  • Kista Baker, adalah kista yang berisi cairan sendi yang terletak di ruang poplitea di belakang lutut.
  • Kista Bartholin, pembesaran kistik kelenjar kecil di dekat lubang vagina.
  • Kista Nabothian, ialah kista yang berisikan nanah yang tumbuh di permukaan serviks uterus.
  • Kista Pilonidal, kista yang muncul di jaringan lunak di dasar tulang ekor dan punggung bawah.
  • Kista Dermoid adalah jenis tumor jinak pada ovarium yang berisikan berbagai jenis jaringan.

Penyebab Tumbuhnya Kista

Kista adalah keabnormalan yang sangat umum dan dapat terjadi di usia berapapun. Ada ratusan jenis kista dan mereka mungkin saja dapat muncul melalui berbagai mekanisme.

Cacat dalam perkembangan embrionik dapat menyebabkan kista yang hadir sejak lahir. Keausan normal atau penyumbatan kecil dalam aliran cairan tubuh juga dapat menyebabkan pembentukan kista. Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Faktor Risiko Tumbuhnya Kista

Kista terjadi diberbagai usia dan latar belakang etnis. Karena ada ratusan jenis kista, maka sulit untuk membuat list faktor risiko kista tertentu.

Proses penyakit seperti infeksi, tumor, kondisi peradangan kronis dan penyakit bawaan tertentu juga bisa mengarah pada perkembangan kista.

Tanda dan Gejala Kista

  • Munculnya kista kecil atau kista dalam struktur internal tubuh yang tidak menimbulkan gejala apapun.
  • Kista yang tumbuh di kulit atau jaringan di bawah kulit dapat terlihat membentuk benjolan dan tidak disertai rasa nyeri.
  • Kista dapat terasa keras ataupun lunak.
  • Terkadang kemunculan dan peningkatan ukurannya dapat terlihat. Sementara pada kasus kista lainnya ukurannya akan tetap sama.
  • Sering sekali sulit membedakan kista dan pembengkakan jaringan lainnya kecuali dengan pemeriksaan fisik.
  • Jika kista tumbuh karena infeksi serius, tumor atau penyakit kronis, maka gejalannya dibedakan sesuai dengan lokasi, jenis dan luasnya penyakit.

Makanan yang Baik Dikonsumsi

Dari salah satu ahli nutrisi yakni Dr. Marilyn Glenville menjabarkan secara terperinci beberapa makanan yang baik dikonsumsi terutama oleh penderita kista ovarium. Beberapa makanan yang dimaksud diantaranya:

  • Almond

Sebagai bagian dari hormon penyeimbang diet, yang juga merupakan kunci untuk mengatasi masalah terkait hormon seperti kista ovarium. Pastikan untuk menjaga asupan lemak sehat dengan baik. Misalnya dengan mengonsumsi kacang almond setiap hari.

Dengan begitu, rutin mengonsumsi makanan tersebut dapat menyeimbangkan hormon Anda dengan mendorong sel-sel untuk merespon pemicu hormon secara lebih efektif. Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

  • Kubis Brussel

Dr. Marilyn Glenville juga menyarankan penderita kista ovarium untuk menjalani diet keseimbangan hormon. Mereka juga dipastikan harus mengonsumsi setidaknya 5 porsi buah dan sayur setiap hari.

Namun konsumsi sayur harus lebih banyak daripada buah. Secara khusus, meningkatkan asupan sayuran silangan seperti kecambah brussel, yang kaya akan indole-3-karbinol, dapat membantu mencegah tubuh menyerap bentuk estrogen yang bersifat racun.

  • Biji Chia

Mengonsumsi makanan yang kaya minyak setiap hari seperti biji chia dapat membantu menyeimbangkan hormon. Cara kerja biji chia ini adalah dengan mendorong sel-sel tubuh untuk merespon pemicu hormonal menjadi lebih efektif.

  • Buncis

Buncis adalah sumber yang baik dari phytoestrogen yang baik, yang merupakan zat mirip estrogen yang berfungsi sebagai penyeimbang hormon pada tubuh wanita secara signifikan.

  • Sayuran Bardaun Hijau Gelap

Penderita kista ovarium sangat penting untuk meningkatkan asupan antioksidan yang membantu membersihkan radikal bebas dari tubuh.

Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel abnormal. Yang pada akhirnya dapat menyebabkan mutasi sel dan kanker. Sayuran berdaun hijau gelap meupakan sumber antioksidan yang bagus seperti beta-karoten dan vitamin C. Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

  • Ikan Herring

Ikan herring merupakan ikan berminyak kaya akan anti-inflamasi juga dapat meningkatkan omega 3 yang membantu menyeimbangkan hormon dengan mendorong sel-sel tubuh untuk merespon hormon secara lebih efektif.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi

  • Daging Merah

Hindari konsumsi daging merah seperti daging sapi dan daging kambing. Makanan ini dapat menyebabkan kista ovarium tertentu dan juga memperburuk kista yang ada. Daging merah juga tinggi akan lemak yang merupakan alasan lain Anda harus menghindarinya.

  • Makanan yang Digoreng

Mengonsumsi makanan yang digoreng dalam jumlah banyak juga harus dihindari penderita kista ovarium. Hal ini dikarenakan, mengonsumsi makanan yang digoreng terlalu banyak dapat menyebabkan peningkatkan berat badan dalam waktu singkat.

Minyak nabati olahan yang digunakan untuk menggoreng makanan ini juga mengandung bahan kimia yang dapat menggangu keseimbangan hormon.

  • Makanan yang Kaya Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah jenis lemak yang tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan lemak ini dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh. Makanan yang kaya lemak jenuh diantaranya mentega, keju dan krim, daging merah, makanan kemasan, manisan makanan cepat saji dll.

  • Makanan yang Tinggi Gula

Gula adalah salah satu makanan terburuk untuk para penderita kista ovarium. Makanan yang tinggi gula diantarnya minuman ringan, jus olahan, kue, biskuit dan makanan manis lainnya.

Gula juga merupakan penyebab ketidakseimbangan kadar hormon terbesar yang menyebabkan pembentukan kista ovarium, bahkan dapat mengiritasi kista yang sudah ada.

  • Alkohol

Minuman keras seperti alkohol juga tidak boleh dikonsumsi agar dapat terhindar dari kista ovarium. Alkohol ini dipercaya dapat mengganggi keseimbangan hormonal tubuh yang menyebabkan kista ovarium dihasilkan.

  • Minuman Berkafein

Kafein juga bisa menyebabkan kista karena dapat membuat tubuh dehidrasi dan meningkatkan peradangan. Jika Anda cenderung memiliki kista ovarium, hindari minuman berkafein seperti kopi, soda teh, minuman ringan dan lain sebagainya. Minuman-minuman tersebut lebih memungkinkan terbentuknya kista baru sekaligus memperburuk kista yang sudah ada. Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Cara Mengobati Kista Tanpa Perlu Operasi

Salah satu cara mengobati kista agar tidak sampai dioperasi adalah dengan cara menangani gejalanya. Berikut ini ada beberapa metode yang bahkan dapat mengurangi ukuran kista dan mencegah kista muncul kembali. Apa saja? Berikut ini penjelasannya.

  • Konsumsi Obat Pereda Rasa Sakit

Obat pereda rasa sakit dapat diperoleh di toko obat terdekat yang dapat meredakan rasa sakit sementara waktu. Obat ini juga dapat diperoleh tanpa resep diantaranya ibuprofen, naproxen dan acetaminophen. Konsultasi bersama dokter mungkin dibutuhkan agar tidak salah dalam memilih obat-obatan.

  • Gunakan Terapi Hangat untuk Meredakan Kram

Bungkusan hangat adalah pilihan lain yang dapat membantu meredakan nyeri akibat kista dan kram saat menstruasi. Mengaplikasikan botol berisikan air panas atau handuk hangat pada perut yang mana sama efektifnya seperti mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

  • Mandi Garam Epsom untuk Membantu Menenangkan otot dan Mengurangi Kram

Mandi dengan garam epsom bersama air hangat juga dapat meredakan rasa sakit akibat kista. Dengan menambahkan garam epsom, magnesium sulfat ke dalam bak mandi maka dapat memberikan rasa lega ketika Anda menggunakannya. Garam epsom telah digunakan selama bertahun-tahun untuk meredakan sakit otot dan sakit lainnya.

  • Ngemil Almond yang Kaya Akan Magnesium

Almond dipenuhi dengan kadar magnesium yang tinggi yang mana dapat membantu meredakan rasa tidak nyaman. Almond mentah mengandung sekitar 270 mg magnesium per 100 gram. Dalam sebuah studi yang lebih formal, menambahkan magnesium pada menu diet telah terbukti dapat membentu mengatasi rasa sakit kronis.

Meskipun kebanyakan orang mengonsumsi almond tanpa variasi, namun kacang ini juga dapat menjadi taburan pada salad agar salad lebih terasa nikmat.

  • Konsumsi Suplemen Dong Quai untuk Membantu Meredakan Kram

Anda mungkin pernah mendengar mengenai akar dong quai yang dapat membaantu nyeri dan kram menstruasi. Pengobatan Cina kuno ini sering ditemukan dalam suplemen atau dimasukan ke dalam teh.

Namun, penelitian campuran dilakukan untuk mengetahui efektivitas dari ramuan ini. Para peneliti dalam satu studi menemukan ramuan itu tidak efektif dalam memerangi hot flashes. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengatahyui terapi ini.

Konsumsi suplemen dong quai ini tidak diperbolehkan jika Anda:

  • Sedang hamil
  • Sedang menyusui
  • Mengidap gangguan pembekuan darah
  • Sedang mengonsumsi obat pengencer darah

Supelemen ini sebenarnya tidak berada dibawah pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), jadi suplemen ini haya bisa dibeli dari produsen terkemuka.

  • Teh Chamomile untuk Membantu Menenangkan dan Meredakan Kecemasan

Besantai dengan secangkir teh chamomile hangat adalah pilihan yang sangat tepat. Chamomile adalah ramuan yang telah digunakan sejak zaman kuno. Teh ini memiliki sifat anti-intlamasi yang membentu meredakan kram dan mengurangi kecemasan. Tidak hanya itu, kamomile juga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Sekarang ini dipasaran telah banyak teh chamomile yang siap seduh. Namun untuk Anda yang ingin sensasi lebih segar bisa menggunakan bunga chamomile.

Cara membuatnya ialah dengan menyiapkan 3-4 sendok makan bunga chamomile, setangkai mint dan secangkir air mendidih. Campurkan bahan-bahan tersebut dalam mug dan tunggu hingga 5 menit. Setelah itu teh chamomile baru bisa dinikmati.

  • Minum Teh Jahe untuk Mengurangi Peradangan dan Meredakan Nyeri

Teh jahe adalah pilihan herbal lainnya untuk meredakan nyeri dan kram. jahe ini juga memiliki sifat antioksidan dan antikarsinogenik. Pada satu penelitian, jahe dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker ovarium, para peneliti terkemukan menyimpulkan bahwa mengonsumsi jahe dapat mengobati dan mencegah kanker ovarium.

Seperti halnya teh chamomile, Anda juga bisa membuat teh jahe sendiri. Untuk mendapatkan teh yang segar Anda bisa mengupas jahe dan iris menjadi 2 inci.

Kemudian rebus jahe dengan 2 cangkir air selama 10 menit. Setelah itu angkat dan tambahkan perasa tambahan seperti air lemon atau madu untuk menambah kelezatan teh.

Jika Anda khawatir dengan tingkat keberhasilan operasi pada kista, beberapa cara-cara di atas bisa dijadikan alternatif pengobatan. Dengan rutin menerapkan pola hidup sehat dan melakukan pengobatan kista alami peluang Anda untuk sembuh dari kista dalam waktu singkat semakin tinggi.

Posted by: situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp