Cara Mencegah Asam Urat dengan Diet Rendah Purin

Cara Mencegah Asam Urat dengan Diet Rendah Purin – Para ahli seringkali menyarankan untuk menjalani diet rendah purin untuk mereka yang menderita asam urat, batu ginjal atau gangguan serupa lainnya.

Dikutip dari Medical News Today, diet ini memang dirancang untuk meredakan berbagai gejala dari keluhan tertentu, namun juga dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Cara Mencegah Asam Urat Kambuh dengan Diet Rendah Purin

Cara Mencegah Asam Urat dengan Diet Rendah Purin

Kaitan Erat Purin dengan Asam Urat

Purin adalah senyawa organik yang sebenarnya tidak berbahaya. Faktanya, tubuh menghasilkan purin secara alami sepanjang waktu.

Namun purin diurai menjadi zat limbah yang disebut asam urat. Kebanyakan asam urat larut dalam darah sebelum ginjalnya menyaringnya hingga akhirnya dikeluarkan dari dalam tubuh. Penguraian purin bertanggung jawab untuk sekitar 15% pembentukan asam urat dalam tubuh.

Ketika kadar asam urat melebihi jumlah yang dapat diproses tubuh, maka asam tersebut dapat membentuk kristal dalam darah. Hal inilah yang dapat menyebabkan kondisi asam urat, batu ginjal dan masalah lainnya.

Solusi alternatif yang bisa mengatasinya adalah dengan melakukan diet rendah purin dapat membantu meminimalisir jumlah purin dalam tubuh dan mengurangi jumlah asam urat dalam darah.

Ada dua kunci utama yang harus Anda ketahui agar berhasil menjalani diet tersebut. Pertama, Anda harus mengenali makanan yang wajib dikonsumsi dan yang harus dihindari yang mana mengandung kadar purin tinggi.

Kedua, Anda haruskonsisten dalam merubah pola diet untuk membantu tubuh terbebas dari asam urat lebih efektif lagi.

Manfaat Diet Rendah Purin

Kristal asam urat dapat membentuk batu ginjal aau menyebabkan gout (asam urat) menumpuk di sendi dan tendon.

Menurut American Academy of Family Physicians, diet rendah purin dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah dan mengurangi risiko dari komplikasi yang lebih parah.

Orang-orang dengan kadar asam urat tinggi dalam darah akan menderita kondisi yang disebut dengan hiperurisemia dan dengan diet rendah purinlah kondisi ini dapat tertangani dengan tepat.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa untuk menjalani diet rendah purin Anda harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan. Hal ini untuk menunjang proses diet lebih efektif lagi.

Pantangan Makanan Penderita Asam Urat:

– Daging sapi muda dan daging bebek
– Daging merah
– Makanan laut seperti tuna, herring, sarden dll
– Jeroan, seperti ati, ampela dan beberapa bagian lainnya
– Makanan tinggi lemak
– Alkohol
– Minuman dengan pemanis buatan

Anjuran Makanan Penderita Asam Urat:

– Air
– Produk susu rendah lemak
– Biji-bijian dan pati
– Sayur dan buah-buahan
– Vitamin C
– Protein tanpa lemak
– Telur
– Kopi, teh dan minuman berkarbonasi

Merupakan solusi yang tepat jika Anda ingin menuntaskan asam urat yang diderita dengan menjalani diet rendah purin.

Tak hanya penderita asam urat mereka yang memiliki berat badan berlebih pun sangat dianjurkan untuk menjalani diet tersebut. Karena tak hanya dapat mengatasi asam urat, diet rendah purin juga sangat baik untuk kondisi kesehatan secara menyeluruh.

Selamat Mencoba…

Posted by: situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp