Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis – Psoriasis merupakan salah satu penyakit autoimun yang bersifat umum dan kronis. Kondisi ini dapat menyebabkan kemerahan, kekeringan dan timbulnya plak di permukaan kulit.

Ruam merah dapat sering menghilang dengan cepat namun dapat timbul kembali, salah satu penyebabnya adalah stres.

Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Diperkirakan psoriasis ini terjadi ketka sistem umun secara tidak sengaja mulai memproduksi sel kulit terlalu cepat. Psoriasis menyerang sekitar 3% orang-orang secara global dan menyerang sekitar 7,5 juta orang Amerika Serikat.

Psoriasis bisa menyernag pria maupun wanita pada semua usia. Namun yang paling umum, kondisi ini bayak di derita antara usia 15-35 tahun dan 50-60 tahun. Jika dirata-ratakan banyak kasus psoriasis yang ditemukan ialah pada usia 28 tahun.

Jenis-jenis Psoriasis

Psoriasis memiliki berbagai tipe atau jenis, diantaranya:

  • Psorisis Plak

Sekitar 80-90% orang-orang dengan psoriasis memiliki psoriasis plak. Kondisi kulit akan tampak terangkat, meradang, membentuk lesi merah yang ditutupi oleh sisik putih keperakan. Kemunculan jenis psoriasis ini biasanya pada siku, kulit kepala, lutut dan punggung bagian bawah.

  • Psoriasis Inverse (Terbalik)

Psoriasis inverse muncul di area ketiak, selangkangan, di bawah payudara di lipatan kulit lainnya seperti di sekitar alat kelamin dan bokong.

Jenis ini pertama kali muncul sebagai lesi merah namun gejalanya tidak sama seperti psoriasis plak. Tampilannya sedikit halus dan mengkilap.

Keringat dan garukan berlebih dapat membuat kondisi ini semakin parah. Dikarenakan lokasinya yang berada di lipatan kulit dan area yang lunak.

Biasanya orang-orang dengan berat badan berlebih dan mereka yang memiliki lipatan kulit dalam sering sekali memiliki keluhan yang satu ini. Bahkan kemunculannya dapat sampai hingga ke area kelamin.

  • Psoriasis eritrodermik

Psoriasis eritrodermik adalah bentuk peradangan yang dapat memengaruhi sebagian besar permukaan tubuh dengan tampilan merah menyala (eritema sendiri berarti memerah).

Tipe psoriasis ini muncul apda orang dengan psoriasis plak yang tidak stabil, dimana lesi tidak didefinisikan dengan jelas. Mungkin juga Psoriasis eritrodermik disertai dengan pengelupasan kulit, rasa gatal yang parah dan nyeri.

Psoriasis eritrodermik dikaitkan dengan ketidak seimbangan homeostasis tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan protein dan cairan yang dapat memicu keluhan lebih parah lagi.

Edema atau pembengkakan dari retensi cairan, terutama pergelangan kaki mungkin juga dapat berkembang.

Tubuh kemungkinan akan kesulitan mengatur suhu dan dan dapat menyebabkan tubuh gemetar. Psoriasis eritrodermik juga dapat memicu infeksi, pneumonia dan gagal jantung kongestif.

  • Psoriasis Guttate

Psoriasis Guttate sering dimulai pada usia anak-anak. Jenis ini memiliki tampilan yang kecil, merah, bintik-bintik individual pada kulit yang biasanya tidak setebal atau sekeras lesi pada psoriasis plak. Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Berbagai kondisi dapat memicu kondisi ini termasuk infeksi saluran pernapasan atas, infeksi streptokokus, radang amandel, stres, cedera pada kulit dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Beberapa jenis obat yang dimaksud diantaranya antimalaria, lithium dan beta-blocker.

Bentuk psoriasis ini dapat menghilang dengan sendirinya dan tidak akan kembali. Atau mungkin dapat menghilang sementara waktu dan muncul kembali sebagai pengerakan dari psoriasis plak.

  • Psoriasis Pustular

Psoriasis pustular sering kali menyerang orang dewasa dari apda anak-anak. Dan keluhan ini menyumbang kurang dari 5% dari seluruh kasus psoriasis.

Psoriasis pustular biasanya memiliki tampilan pustula putih atau lepuhan serta mengandung nanah yang tidak menginfeksi. Disekitar pustula ini juga sering disertai dengan kulit warna merah.

Kondisi ini dapat memengaruhi area tubuh tertentu misalnya tangan dan kaki atau sebagian besar dari tubuh. Jenis psoriasis pustular bukan merupakan infeksi dan tidak menular.

  • Artritis Psoriatik

Hingga 40% orang dengan psoriasis ternyta memiliki radang sendi dengan gejala arthritis yang dikenal sebagai psoriatuk arthritis.

Kondisi ini menyebabakan peradangan dan kerusakan progresif pada sendi dan kebanyakan menyerang antara usia 30-50 tahun.

Penyebab Timbulnya Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit autoimun dan terjadi ketika adanya masalah dengan sistem imun. Sistem imun melibatkan saah satu jenis sel yang disebut dengan sel T. Pemicu menyebabkan sel T berperilaku seolah-olah mereka melawan infeksi atau menyembuhkan luka.

Mereka menghasilkan senyawa kimia yang menyebabkan peradangan. Pada psoriasis, hal ini memicu peradangan dan pertumbuhan sel kulit berlebih.

Normalnya, sel kulit memakan waktu sekutar 21-28 hari untuk menggantikan sel kulit yang rusak. Namun pada pasien dengan psoriasis, mereka hanya memakan waktu 2-6 hari untuk regenerasi sel kulit yang baru.

Apa yang memicu rekasi ini masih tidak jelas, tetapi orang-orang dengan psoriasis memiliki stres atau kecemasan, cedera kulit, infeksi dan perubahan hormon dapakt membuat kondisinya semakin memburuk.

Faktor Risiko Terkena Psoriasis

  • Mengidap penyakit kardiovaskular dan sindrom metabolik
  • Trauma kulit
  • Riwayat keluarga

Sekitar 1 dari 3 orang dengan memiliki hubungan dekat dengan penderita psoriasis akan mengembangkan kondisi yang sama.

Jika salah satu orang tua memiliki psoriasis, maka ada peluang sebesar 10% untuk mengembangkannya. Dan jika kedua orang tua memiliki psoriasis maka kemungkinan kondisi berkembang adalah sebanyak 50%.

Dari data tersebut menunjukan bahwa psoriasis dapat terjadi akibat komponen genetik yang mendasarinya. Namun bisa juga psoriasis ini tidak muncul kecuali jika faktor lingkungan memicunya menjadi tidak aktif.

Sekitar 10% dari populasi diperkirakan memiliki gen yang menyebabkan psoriasis, tetapi hanya 2-3% saja yang mengembangkannya. Dikalangan anak muda, psoriasis mungkin muncul setelah infeksi, terutama setelah radang tenggorokan.

Diantara 33-50% anak muda dnegan psoriasis akan menyadari peningkatan kondisi antara 2-6 minggu seteah sakit telinga atau infeksi pernapasan seperti radang tenggorokan, brnokitis atau radang amandel.

Gejala Psoriasis

Sel-sel kulit sebenarnya mengelupas sepanjang waktu, namun pada psoriasis baik itu sel kulit mati atau hidup akan berkumpul dipermukaan kuot, karena proses pergantian kulit terjadi sangat cepat.

Adapun gejala utama dari kondisi ini diantaranya :

  • Bercak merah, berkerak dan sisik keperakan yang mudah mengelupas
  • Gatal dan sensasi terbakar yang intens

Namun, gejala dapat berbeda menurut jenis psoriasis yang diderita. Keparahan dapat berkisar dari sedang hingga parah. Menurut National Psoriasis Foundations :

  • Psoriasis ringan akan menyerang kurang dari 3% bagian tubuh
  • Psoriasis sedang akan menyerang antara 3-10% bagian tubauh
  • Psoriasis parah akan menutupi lebih dari 10% bagian tubuh

Sekitar 80% orang mengidap psoriasis ringan dan 20% lainnya mengidap psoriasis sedang. Psoriasis dapat memengaruhi berbagai bagian tubuh, namun kebanyakan muncul sebagai bercak kecil pada siku, lutut, punggung bagian bawah dan kulit kepala.

Komplikasi Psoriasis

Kompliakasi psoriasis dapat meliputi beberapa kondisi berikut :

  • Infeksi sekunder
  • Kemungkinan peningkatan risiko limfoma
  • Kemungkinan peningkatan kardiovaskular dan penyakit jantung iskemik
  • Arthritis psoriatik
  • Prolaps katup mitral
  • Kemungkinan pengembangan penyakit radang usus

Anjuran Makanan Penderita Psoriasis

  • Alpukat dan Kacang

Untuk Anda yang suka 2 makanan ini sangatlah beruntung. Lantaran alpukat dan kacang sangat baik untuk menjaga kondisi kulit.

Alpukat dan kacang-kacangan baik jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, baik dari segi kesehatan maupun untuk mengatasi psoriasis. Kedua makanan ini termasuk ke dalam kelompok lemak tak jenuh ganda serta termasuk ke dalam minyak nabati.

  • Blueberry

Ketika sedang menderita keluhan pada kulit, mengonsumsi buah blueberry adalah pilihan yangb tepat. Alasan terbesar mengapa blueberry dapat membantu penyembuhan psoriasis adalah buah ini bertindak sebagai anti-peradangan.

Selain blueberry, Anda juga bisa mengonsumsi buah ara, stroberi dan mangga untuk membantu psoriasis karena memiliki kategori yang sama dengan blueberry.

Pantangan Makanan Penderita Psoriasis

  • Produk susu

Telah dibuktikan oleh para ahli dan dokter bahwa produk susu dapat memperburuk kondisi psoriasis. Tetapi banyak pasien dengan keluhan kulit telah dilaporkan bahwa kondisinya kian membaik ketika mereka mengurangi konsumsi susu.

Jika Anda memutuskan untuk membatasi jumlah produk usus untuk dikonsumsi, pastikan untuk menggantinya dengan suplemen kalsium atau makanan yang tinggi kalsium.

  • Makanan yang Digoreng

Sering mengonsumsi makanan yang digoreng telah diketahui dapat menyebabkan peradangan di seluruh tubuh. Termasuk epradangan yang dapat menyebabkan psoriasis bertambah parah.

  • Alkohol

Alkohol adalah item lainnya yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita psoriasis. Selain mengganggu proses pengobatan, alkohol juga dapat menyebabkan peradangan apda tubuh dan meningkatkan keparahan pada kondisi psoriasis. Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psorasis

1. Lidah Buaya

Gel dari tanaman lidah buaya dapat diaplikasikan pada kulit hingga 3 kali sehari. Beberapa penelitian menunjukan bahwa lidah buaya dapat membantu mengurangi kemerahan dan pengerakan yang berhubungan dengan psoriasis.

2. Cuka Sari Apel

Telah digunakan oleh budaya kuno sebagai desinfektan, cuka sari apel dipercaya dapat membantu meringankan gatal di kulit kepala dari psoriasis. Cara Cepat dan Efektif Tuntaskan Psoriasis

Beberapa orang mengatakan bahwa mencairkan cuka sari apel dengan air menggunakan perbandingan 1:1 dapat membantu mencegah sensasi terbakar.

3. Gandum

Gandum dianggap sebagai salah satu bahan yang sangat baik untuk kulit. Meskupun tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa gandum dapat meredakan gejala psoriasis.

Namun banyak orang dengan keluhan tersebut mengatakan bahwa mengaplikasikan pasta gandum dapat mengurangi rasa gatal dan kemerahan.

4. Kunyit

Herbal ini telah sering diteliti karena karena memiliki sifat anti-inflamsi dan antioksidan yang kuat. Curcumin yang merupakan bahan aktif dalam kunyit juga memiliki kemampuan untuk mengubah ekspresi gen.

Sebuah tinjauan pada tahun 2012 oleh International Union of Biokimia dan Biologi Mokuler menyoroti kemampuan kunyit untuk mengubah ekspresi sitokinin TNF.

Hal ini adalah kemungkinan alasan beberapa pasien merasa terbantu dalam meminimalkan psoriasis dan athritis psoriatik.

5. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh berasal dari tanaman asli Australia. Minyak pohon teh dipecaya memiliki kualitas antiseptik dan dapat diaplikasikan pada kulit. Namun, masih belum ada penelitian spesifik untuk membuktikan keefektifan minyak pohon teh pada psoriasis.

Itulah beberapa pembahasan singkat mengancai Cara Cepat dan Alami Menuntaskan Psoriasis. Selain pengobatan, menjaga kebersihan pun sangatlah penting untuk menjaga tampilan kulit psoriasis bertambah parah.

Source :

Psoriasis : https://www.psoriasis.org/treating-psoriasis/complementary-and-alternative/herbal-remedies

Emedecine : https://emedicine.medscape.com/article/1943419-clinical#b4

Medical News Today : https://www.medicalnewstoday.com/articles/52457.php

Posted by : situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp