4 Pertolongan Pertama untuk Sesak Napas pada Anak

4 Pertolongan Pertama untuk Sesak Napas pada Anak – Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga rentan mengalami sesak napas. Terutama mereka yang memiliki risiko terhadap penyakit tertentu. Gangguan sesak napas pada anak umumnya disebabkan oleh gangguan yang terjadi pada saluran pernapasan serta paru-paru.

Tak hanya itu, sesak napas juga bisa berasal dari kelainan darah dan jantung bahkan ginjal. Anak-anak yang sedang merasakan sesak napas biasanya akan terlihat gelisah, meningkatnya frekuensi pernapasan dan bibir yang tampak kebiruan.

Jika kondisinya sudah parah, tak jarang mereka akan kehilangan kesedaran, kejang hingga wajah yang berubah membiru. Namun, hal tersebut tentunya tidak akan terjadi jika kita sebagai orang tua sigap dalam menangani buah hati yang sedang mengalami sesak napas.

4 Pertolongan Pertama untuk Sesak Napas pada Anak

4 Pertolongan Pertama untuk Sesak Napas pada Anak

Berikut ini ada beberapa langkah yang wajib diketahui ketika menangani sesak napas pada anak, diantaranya:

  • Mencari tempat yang aman dan nyaman

Ketika si kecil mulai menunjukan gejala sesak napas, segeralah cari tempat yang nyaman. Jika sedang di rumah, Anda bisa membawa anak anda ke tempat tidur atau ruangan tersebut nyaman untuk mereka. Faktanya jika mereka berada di ruangan yang nyaman, kondisinya akan pulih lebih cepat.

  • Posisikan anak untuk menyandar

Segera setelah menemukan tempat yang nyaman, sandarkanlah anak Anda atau atur posisi agar anak Anda berada dalam keadaan setengah duduk. Mungkin Anda bisa menggunakan bantal untuk dijadikan sandaran.

Jangan sampai si kecil diposisikan berbaring, karena hal tersebut dapat membuat pernapasan semakin tersumbat.

  • Pijatan

Agar tidak merasa sesak, sebaiknya baju si kecil longgarkan dan pijatlah di area syaraf paru-paru yang berada di atas jempol kaki. Atau letak pastinya berada di antara jempol dan jari telunjuk kaki. Pijatlah perlahan dan berikan obat sesak napas yang biasa diberikan.

  • Jangan panik!

Nah, langkah yang satu ini juga tidak kalah pentingnya. Jika Anda panik ketika menemukan si kecil sesak napas, maka hal tersebut dapat memperburuk keadaan. Ajaklah si kecil untuk berbicara untuk membuat ia tenang. Memberikan air hangat juga bisa membantu kondisinya agar cepat pulih.

Selalu menyediakan obat yang biasa digunakan juga merupakan hal yang penting. Namun jika sesak napas sekiranya sudah tidak bisa Anda tangani sendiri, bawalah anak Anda ke dokter agar mengetahui penyebab pastinya dan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Posted by: situszamannow.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Chat Via WhatsApp