10 Penyebab Asam Urat Tinggi

10 Penyebab Asam Urat Tinggi

10 Penyebab Asam Urat Tinggi – Bila saat ini Anda menderita asam urat, pastinya Anda sudah terbiasa dengan rasa nyeri, ngilu dan juga bengkak pada persendian. Selama ini, Anda mungkin belum terlalu paham kenapa gejala asam urat bisa menyerang Anda.

10 Penyebab Asam Urat Tinggi

Karena itu, artikel ini akan memaparkan apa saja yang menyebabkan seseorang bisa menderita penyakit asam urat. Dengan begitu dapat mencegah serangan asam urat di kemudian hari. Berikut penyebab-penyebab asam urat tinggi yang perlu diketahui.

  • Jenis kelamin

Pria mempunyai risiko lebih besar mengalami gejala asam urat bila dibandingkan dengan wanita. Ini dikarenakan hormon estrogen pada wanita bisa mengurangi kadar asam urat dan melancarkan pengeluarannya melalui ginjal. Kadar asam urat pada pria dapat meningkat selama masa puber.

  • Faktor usia

Sebagian besar, serangan asam urat terjadi pada orang yang berusia antara 40-50 tahun. Pada wanita, umumnya asam urat terjadi setelah menopause.

  • Riwayat keluarga

Seseorang yang menderita asam urat cenderung mewariskan hal yang serupa untuk keturunannya kelak.

  • Penggunaan obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan terkadang bisa mengembangkan risiko serangan asam urat. Jenis obat-obatan tersebut seperti obat-obatan diuretik, aspirin, obat anti-penolakan, niacin dan lainnya.

  • Konsumsi terlalu banyak alkohol

Mengonsumsi alkohol berlebihan bisa meningkatkan potensi terserang asam urat. Disamping itu, alkohol juga bisa memunculkan penyakit yang paling mematikan di dunia yaitu penyakit jantung dan kanker.

  • Mengonsumsi makanan kaya purin

Mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi seperti jeroan, daging merah, seafood, kembang kol, kacang dan jamur bisa kembangkan resiko serangan asam urat.

  • Paparan timbal

Paparan timbal dalam tingkat yang tinggi juga diyakini bisa kembangkan resiko seseorang terserang asam urat.

  • Kondisi kesehatan lainnya

Seseorang yang mempunyai gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes, hipertensi, kolesterol, hypothyroidism, anemia hemolitik, psoriasis, dan gangguan ginjal memungkinkan seseorang untuk mempunyai risiko lebih besar terkena gangguan asam urat.

  • Mengonsumsi minuman yang terlalu manis atau berfruktosa

Sebuah riset menunjukan bahwa minuman ringan yang terlalu manis atau minuman berfruktosa bisa meningkatkan resiko seseorang terserang asam urat. Fruktosa merupakan zat gula alami yang bisa ditemukan pada buah-buahan.

  • Mandi malam

Penyebab asam urat tinggi selanjutnya adalah madi malam. Dari zaman dulu memang sudah diamanatkan oleh para orang tua agar jangan mandi terlalu malam karena bahaya. Dan benar saja, ternyata mandi malam memang bisa sebabkan asam urat.

Nah itulah 10 Penyebab Asam Urat Tinggi yang wajib Anda ketahui agar di kemudian hari Anda tidak terserang penyakit asam urat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Posted by Situs Zaman Now

Be the first to comment

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Chat Via WhatsApp